Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Resensi Up in the Air – Traveling and Connecting

  Durasi : 2 jam 4 menit 52 detik
Genre : Drama-Komedi
Pemain : George Clooney, Vera Farmiga, Anna Kendrick
Sutradara : Jason Reitman
Resensi : Emil Yaditya

"Things you probably hate about travelling –the recycled air, the artificial lighting, the digital juice dispensers, the cheap sushi– are reminders that I'm home."


Film hasil karya Jason Reitman, seorang sutradara yang pernah pernah berhasil menyutradarai beberapa film indie seperti Thank You for Smoking dan Juno. Kali ini ia pun kembali berhasil membuat sebuah film dengan tema unik bergaya klasik-konservatif, Up in the Air, yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Walter Kim. Di dalam film ini, Jason Reitman menggandeng aktor papan atas, George Clooney, yang sudah semakin tua tapi tetap saja masih sedap dipandang mata, elegan, berwibawa dan berkharisma. Kehadiran Vera Varmiga, Anna Kendrick, dan Jason Bateman semakin menyemarakkan film ini sehingga terkesan mewah.


Film ini menceritakan kisah Ryan Bingham (George Clooney), seorang karyawan dari perusahaan konsultan ternama di Amerika Serikat. Reputasinya terkenal sebagai pakar pemutus hubungan kerja sebuah perusahaan kepada para karyawannya. Ryan merupakan seorang tokoh yang kredibel dan menawan. Perasaan emosi disertai dengan tingkat profesionalitas tinggi membuatnya tak pernah ragu untuk mengambil keputusan akhir kepada karyawan yang akan dipecatnya. Ketegasan dan sikap tanpa komprominya tersebut menjadikan Ryan selalu dipercaya perusahaannya selama bertahun-tahun untuk menyelesaikan konflik antara perusahaan dan karyawan yang telah menjadi klien perusahaan tempat ia bernaung.


Ryan juga bisa dibilang seorang yang nomaden, hidup berpindah-pindah dari satu hotel ke hotel lain. Di saat orang lain merindukan rumah saat sedang tugas ke luar kota, Ryan malah merasa waktu di rumah adalah saat yang paling menderita. Ia lebih menikmati hidupnya di udara, suasana lounge airport, hotel mahal, member card dari banyak tempat, yang memberikannya keleluasaan untuk menyela antrian orang lain, dll. Hidup tanpa seorang pendamping di usia yang tak lagi bisa dibilang muda serta jauh dari lingkungan keluarga, membuat Ryan selalu mencari jalan keluar melalui pesta berbau glamor, minuman beralkohol, bepergian sejauh 10 juta mil dan mencari teman kencan wanita panggilan.
Ia juga berperan sebagai seorang motivator yang cukup lihai dengan tema 'Unpacking Your Backpack'. Namun, kehidupan yang ia nikmati selama ini hampir berubah ketika kantornya mendapatkan usulan dari seorang karyawan baru bernama Natalie Keener (Anna Kendrick), seorang gadis ambisius berumur 23 tahun asal Dallas. Natalie mengueusulkan untuk menyusut anggaran pengeluaran kantor dengan cara memecat karyawan melalui video call yang menggunakan koneksi internet.


Sudah pasti ini menjadi mimpi buruk bagi seorang Ryan Bingham yang memang sering melakukan hal tersebut. Belum lagi ketika ia bertemu dengan Alex Goran (Vera Varmiga) yang berhasil membuatnya jatuh hati tetapi tetap mampu mengondisikan keadaan sebagai seorang profesional di bidangnya.


Saya secara pribadi meyukai Up in the Air karena dialog-dialog yang ditampilkan berbobot, terkadang lucu sekaligus sangat cerdas. Sepanjang pemutaran film ini, saya tidak merasa bosan sama sekali dikarenakan adanya script cerita yang baik. Benang merah yang dapat ditarik dari film ini adalah tentang kehidupan. Memang terdengar praktis, tapi penuh dengan kerumitan dan konsekuensi. Menurut saya, Up in the Air mengangkat sebuah tema yang dekat dengan apa yang kita alami dan juga banyak menyelipkan pelajaran yang bisa dipetik dalam hidup. Deretan para pemainnya pun juga patut dipuji. George Clooney berakting santai dan nyaris tanpa cela. Vera Varmiga tampil baik dan menggoda, sangat cocok dengan karakter ambisius yang ia lakoni. Hal yang paling membuat saya terkesima adalah akting kebiasaan Anna Kendrick yang ternyata amat polos di luar kehidupan kantor dan berbanding terbalik dengan trademark arogan dan penuh dengan semangat kerja. (IK)




Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar